Rabu, 12 Mei 2010


Mencari Sosok Pemimpin yang Jujur untuk Bangsa

Kepemimpinan adalah keseluruhan tindakan atau kemampuan untuk mempengaruhi atau mengajak orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Untuk dapat mempengaruhi atau mengajak orang lain kita harus bias menjadi teladan yang baik bagi orang lain, sehingga kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain atas perbuatan yang kita lakukan. Dimanapun sekelompok manusia berada pasti membutuhkan seorang pemimpin. Sesungguhnya semua orang dilahirkan ke dunia ini dianugerahi Tuhan sebagai pemimpin dan diberikan hak supaya mereka berkuasa di dunia ini, serta berhak mempengaruhi atau mengatur orang lain tanpa kita sadari.
Kepemimpinan dimulai dari hal kecil, sederhana yang ada dihati nurani seseorang untuk melayani mereka yang dipimpinnya. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar melainkan suatu proses perubahan kepribadian seorang dalam menjalankan cita-cita, visi dan misi kehidupannya. Segala tindakan dan ucapannya dapat mempengaruhi lingkungan dan dapat mendorong perubahan dalam organisasi yang dipimpinnya.
Memilih seorang pemimpin tidaklah semudah mencoblos gambar pemimpin yang dipilih sebagaimana yang sering kita lakukan pada pemilihan pemimpin. Kita harus benar-benar mengenali orang yang akan kita pilih dari agamanya, keluarga, latar belakangnya, bagaimana dia berpikir dan berperilaku, serta karyanya yang nyata selama ini. Keluarga merupakan tiang penopang kehidupan seorang calon pemimpin, apabila keluarga kokoh, dasar hidup moral dan spiritual baik maka akan kokoh pula kehidupan masyarakat dalam suatu bangsa dan negara.Tidak jarang para calon pejabat berperilaku baik dan penuh perhatian untuk mendapat dukungan dari rakyatnya, tetapi setelah mereka terpilih dan menjabat, banyak janji-janji yang tidak mereka tepati, dan mereka lebih mementingkan kesejahteraan golongan atau partainya dari pada rakyatnya.
Peran pemimpin amat besar dalam perkembangan satu masyarakat, negara dan bangsa. Untuk menjadi bangsa maju dan sejahtera diperlukan pemimpin bermutu di semua tingkat atau bidang kehidupan dan tidak hanya di bidang politik saja. Sosok pemimpin yang bisa membawa rakyatnya pada kesejahteraan dan kemajuan yaitu orang yang memiliki keinginan atau dorongan yang kuat dalam dirinya untuk memajukan bangsanya dengan mengajak orang-orang lain bergerak bersama dengan dia. Pentingnya faktor kepercayaan, maka seorang pemimpin harus pandai berbicara dan meyakinkan orang lain tentang benarnya tujuan perjuangannya. Ia harus bisa menjelaskan visi yang ia cita-citakan kepada semua orang, sehingga semua memberikan arah dan dorongan kepada semuanya untuk bergerak mencapai tujuan. Pemimpin juga harus mampu menjaga agar semua memegang teguh disiplin perjuangan dan mengoreksi yang lemah serta menghukum yang melanggar dan merintangi jalannya perjuangan.

Tidak ada komentar: